11 Cara Simple & Mudah Membuat Form Invoice di Excel

Invoice di dalam dunia bisnis sangat dibutuhkan. Baik itu bisnis dalam skala besar maupun skala kecil. Bisnis swasta maupun pemerintah. Pada umumnya invoice digunakan untuk surat penagihan kepada pembeli atau pelanggan yang isinya mengenai informasi nama perusahaan atau penjual, nama pembeli, harga satuan, jumlah barang yang dibeli, diskon bila ada, nama barang yang dibeli, harga total dan termin pembayaran.

Pembuatan invoice memiliki beragam cara. Ada perusahaan atau pebisnis yang masih menggunakan cara manual menulis dengan tangan di buku, menggunakan template yang ada pada word, menggunakan microsoft excel maupun menggunakan aplikasi secara online. Pembuatan menggunakan manual tangan kini sudah mulai ditinggalkan karena dinilai terlalu menghabiskan banyak waktu dan rawan terhadap kesalahan dalam penghitungan.

11 Cara Simple & Mudah Membuat Form Invoice di Excel

11 Cara Simple & Mudah Membuat Form Invoice di Exceloice

Ada beberapa pebisnis yang masih menggunakan Microsoft Excel dengan alasan tersendiri. Untuk mengetahui proses pembuatan Form Invoice Tagihan menggunakan Microsoft Excel, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan. Berikut penjelasannya.

Cara Pembuatan Form Invoice Menggunakan Microsoft Excel

Berikut ini adalah cara membuat Form Invoice menggunakan Microsoft Excel, diantaranya yaitu:

  • Bukalah aplikasi Microsoft Excel yang sudah terpasang atau terinstall di komputer Anda.
  • Pilihlah menu File – New – pilih dan kemudian klik template Invoice. Pilih template yang sesuai keinginan Anda. Setelah Anda selesai memilih template, klik tulisan Download yang ada di bagian kanan. Setelah template yang Anda pilih tersebut terbuka, lakukan pembuatan invoice dengan cara merubah isi yang ada. Isi tersebut diantaranya:
  • Your Company Name

Hapus kemudian edit tulisan ini menggunakan nama perusahaan atau yang mewakili bisnis Anda.

  • Street Address

Pada bagian ini ganti menggunakan nama jalan dimana tempat Anda tinggal.

  • City, ST ZIP Code

Isikan data ini menggunakan nama kota dan kode pos Anda.

  • Phone

Pada bagian ini tambahkan tanda baca colon atau titik dua (:) yang diikuti dengan nomor ponsel atau nomor telephone. Contoh Phone: 082177668123.

  • E-mail

Tambahkan tanda baca colon atau titik dua (:) sebelum alamat email. Contoh E-mail: admin@ptberkah.com).

  • Setelah identitas serta informasi tersebut sudah selesai ditulis dengan lengkap, selanjutnya yaitu isi bagian tabel invoice. Berikut uraiannya.
  • Description

Isinya yaitu deskripsi tentang barang atau jasa apa saja yang dipesan oleh pelanggan atau konsumen.

  • Amount

Isi dari bagian ini yaitu mengenai jumlah pembayaran yang harus dibayarkan oleh pelanggan nantinya.

  • Setelah tabel tersebut selesai diisi, perhatikanlah simbol mata uang yang ada atau currency. Jika ternyata ada yang aneh, ubahlah dengan cara mengeblock bagian amount kemudian klik kanan. Setelah itu pilihlah Format Cells – Currency – Symbol – OK, maka hasil pembuatan invoice akan tersimpan.

Membuat Form Invoice menggunakan Microsoft Excel memiliki banyak kekurangan. Beberapa diantaranya yaitu template yang bisa Anda gunakan hanya terbatas dan tidak lengkap. Selain itu untuk penghitungannya menggunakan rumus-rumus yang beragam tergantung apa yang Anda hitung. Maka dari itu, sebaiknya Anda membuat invoice menggunakan aplikasi. Aplikasi yang bisa Anda pilih yaitu paper. Aplikasi ini memberikan beragam template dan keotomatisan dalam penghitungan.

Related Posts

About The Author