Macam Alat Kesehatan Untuk Penanganan Bayi Prematur

Bayi premature merupakan bayi yang lahir sebelum usia kandungan ibu mencapai 37 minggu. Karena lahir pada usia bulan kandungan yang belum genap, maka bayi harus mendapat perawatan khusus. Bayi premature memiliki resiko masalah kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan bayi yang lahir secara normal (genap bulan).

Perawatan khusus untuk bayi yang lahir secara premature sangat penting karena dengan perawatan tersebut, dokter dapat terus memantau kondisi bayi dan dapat melakukan pencegahan jika bayi mengalami kegagalan organ-organ vital. Untuk perawatan khusus bayi prematur diperlukan alat-alat kesehatan yang dapat membantu menunjang kebutuhannya.

Alat Untuk Penanganan Bayi Prematur

1. Alat bantu nafas

Alat bantu nafas atau yang biasa disebut ventilator merupakan alat yang paling penting digunakan untuk penanganan bayi premature karena berfungsi sebagai alat bantu napas bayi premature. Cara menggunakan ventilator yaitu dengan memasukkan selang kecil melalui mulut yang bertujuan untuk memasukkan udara ke dalam paru-paru.

Jika bayi sudah bisa bernapas sendiri namun masih membutuhkan bantuan pernapasan, anda dapat menggunakan alat CPAP (Continuous Positive Airway Pressure). Alat ini berupa dua selang kecil yang cara menggunakannya dengan memasukkan sekang ke lubang hidung agar udara masuk ke paru-paru.

2. Inkubator bayi

Inkubator bayi merupakan box yang memiliki ukuran tertentu yang dilengkapi dengan alat-alat medis yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi. Suhu incubator bayi berkisar antara 35°C sampai 36°C. Suhu yang hangat sangat dibutuhkan bayi premature karena kekurangan jaringan lemak di bawah kulit sehingga dapat beresiko terkena hipotermi atau suhu tubuh yang rendah.

3. Infant warmer

Infant berarti bayi dan warmer berarti penghangat, jadi infant warmer secara bahasa dapat diartikan sebagai Alat untuk menghangatkan bayi. Alat ini berfungsi sebagai tempat perlindungan bayi yang lahir secara dini (premature). Infant warmer juga dapat digunakan sebagai tempat singgah sementara bayi premature untuk menstabilkan suhu tubuh bayi yang lahir mengalami hipotermia.

About The Author