Bingung Apakah Cocok Jadi Anak Teknik Informatika? Kenali Yuk Ciri-cirinya!

Teknik Informatika menjadi salah satu pilihan jurusan tepat saat masuk ke jenjang perkuliahan, pasalnya setelah lulus kuliah nanti tidak ada kata ‘menganggur’ untuk alumni dari jurusan yang satu ini. Bagi yang berminat masuk jurusan ini, ada banyak universitas yang menyediakan sistem kuliah konvensional jurusan Teknik Informatika terbaik. Namun bagi yang sudah tidak memiliki waktu kuliah karena sudah sibuk bekerja, bisa memanfaatkan sistem kuliah e learning untuk mempelajari Teknik Informatika.

Meski banyak orang yang mengatakan bahwa jurusan ini masuk kategori jurusan yang sulit (karena berhubungan dengan bahasa pemrograman), namun tidak sedikit masyarakat yang bisa lulus dengan baik dari jurusan ini. Berminat masuk jurusan Teknik Informatika? Pelajari dulu yuk beberapa ciri yang ada pada anak jurusan ini:

Menyukai hal yang rumit

Jika kebanyakan orang tidak suka dengan hal-hal rumit dan hanya menginginkan hal yang simpel dalam kehidupannya, namun berbeda dengan anak jurusan Teknik Informatika. Anak jurusan ini akan menyukai dunia kerumitan, sebuah sifat yang nantinya akan sangat berguna ketika membuat sebuah pemrograman.

Bahasa pemrograman bukanlah hal yang bisa dipahami dengan cepat, di dalamnya terdapat berbagai kode unik yang disusun sedemikian rupa yang nantinya akan menghasilkan sebuah program baru sesuai yang diinginkan.

Bagi orang yang tidak terbiasa menyelesaikan hal-hal rumit, tentunya kegiatan semacam ini akan sangat menyulitkan dan membuatnya pusing. Tetapi berbanding terbalik dengan anak jurusan Teknik Informatika, karena sedari awal sudah memiliki sifat menyukai berbagai hal rumit, maka ketika dihadapkan dengan bahasa pemrograman ini ia akan tetap menyukainya dan terlihat biasa saja menurutnya.

Sering dimanfaatkan oleh keluarga dan teman

Salah satu prospek kerja Teknik Informatika ialah bisa bekerja secara freelance dari rumah saja, tanpa harus datang ke berbagai perusahaan menawarkan jasa yang dimiliki. Ada banyak perusahaan yang dengan sengaja mencari jasa di bidang IT, tanpa harus melakukan kegiatan kontrak resmi dengan perusahaan tersebut dengan bayaran yang tidak kalah fantastis.

Dengan kemampuan yang mumpuni di bidang IT, segala bentuk permasalahan yang berhubungan dengan komputer akan bisa diatasinya dengan mudah.

Bukan hanya bekerja freelance untuk perusahaan, alumni jurusan ini juga bisa menawarkan jasanya ke orang di sekitar. Hanya saja ketika menawarkan jasa ke orang terdekat seperti keluarga, tetangga, terlebih teman, terkadang kemampuan yang dimiliki sering dimanfaatkan tanpa adanya upah atau bayaran (free service). Jadi bersabarlah ya!

Never Give Up

Anak Teknik Informatika memiliki prinsip never give up dalam berbagai hal, baik dalam mempelajari materi perkuliahan maupun kehidupannya. Bagaimana tidak, setiap harinya anak jurusan ini selalu dihubungkan dengan coding-coding atau pemrograman yang terbilang rumit.

Menyelesaikan masalah coding merupakan pekerjaan anak jurusan Teknik Informatika, salah sedikit maka pemrograman tidak akan berjalan dengan semestinya. Ketika mengalami kesalahan atau error pada coding yang dilakukan, menyerah bukanlah sebuah solusi untuk anak jurusan Teknik Informatika.

Karenanya anak jurusan Teknik Informatika memiliki ciri tidak mudah menyerah dalam melakukan sesuatu, meski orang lain mengatakan hal itu terlalu rumit sekalipun.

Memiliki Kesabaran tingkat tinggi

Bagi yang berencana masuk ke jenjang perkuliahan (baik sistem kuliah konvensional maupun kuliah e learning) di jurusan Teknik Informatika, biasakanlah untuk selalu bersifat sabar. Pasalnya anak jurusan yang satu ini akan selalu dituntut untuk menganalisa kesalahan ataupun membuat coding baru sebuah program, kegiatan ini bukanlah kegiatan yang bisa diselesaikan dalam beberapa jam atau dalam hitungan hari saja, namun bisa memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Memiliki waktu tidur yang terbatas

Menjadi anak jurusan Teknik Informatika berarti siap untuk sering begadang atau mengambil jam tidurnya untuk menyelesaikan tugas pemrograman yang menjadi tanggung jawabnya, bergelut dengan rumus komputer atau coding untuk membuat sebuah program yang nantinya akan diserahkan kepada dosen sebagai penyelesaian tugas.

Ide pemrograman baru kadang lebih mudah muncul di kala suasana sunyi senyap dan hal ini biasanya datang pada saat malam hari, karenanya jangan heran jika anak jurusan Teknik Informatika menjadikan siang sebagai malam dan malamnya menjadi siang.

Tidak kenal dengan kata ‘menganggur’

Tidak ada yang memungkiri bahwa prospek kerja Teknik Informatika memang sangat luas dibandingkan dengan prospek kerja dari jurusan lainnya, hampir setiap perusahaan membutuhkan lulusan dari jurusan yang satu ini. Di zaman yang disebut canggih ini, dalam kesehariannya manusia selalu dihadapkan dengan berbagai macam teknologi yang diyakini dapat memudahkan dalam melakukan berbagai hal.

Tidak heran karenanya banyak perusahaan yang berlomba dalam membuat sebuah teknologi dengan program baru, hal ini pula yang menjadi sebab banyak dari jurusan Teknik Informatika dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut untuk membantu mereka dalam membuat teknologi program yang dimaksud dengan.

Laptop = Kekasih

Benda yang selalu setia menemani anak jurusan Teknik Informatika kemanapun ia pergi dan dimanapun ia dapat menyelesaikan tugas adalah laptop, salah satu benda yang harus selalu ada dimanapun anak Teknik Informatika bertengger. tidak heran makanya benda elektronik yang satu ini diibaratkan sebagai seorang kekasih bagi anak jurusan Teknik Informatika, karena benda tersebut selalu menemani dimanapun mereka berada.

Apakah ciri-ciri di atas ada pada diri Anda? Jika iya sebaiknya persiapkan berbagai persyaratan untuk mulai kuliah di jurusan Teknik Informatika, ada banyak universitas ternama yang juga menawarkan kuliah e learning bagi yang sudah terlalu sibuk bekerja.

About The Author