Butuh Aplikasi Invoice dan Kwitansi Gratis? Paper ID aja

Apakah Anda sering membuat invoice secara manual ? Tentu sangat merepotkan bukan ? Belum lagi dokumennya bisa hilang jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain itu, invoice manual tidak mencerminkan profesional dalam dunia bisnis.

Di dunia yang serba digital saat ini, Anda harus mulai merubah cara manual tersebut ke cara yang lebih canggih, cepat, aman, dan murah. Sehingga, pekerjaan membuat dan mengirim invoice bisa lebih tertata dengan rapi.

Mengenalkan Paper.id, sebuah platform untuk membuat invoice secara online. Dengan platform ini, Anda akan menghemat waktu lebih banyak. Bahkan, dokumen-dokumen invoice tersimpan secara rapi dan bisa dibuka kapanpun dimanapun.

Penasaran bagaimana cara membuat akunnya? Yuk, simak penjelasan selanjutnya.

Sebagai awalan, kami mencoba membuat invoice melalui platform yang digawangi oleh Jeremy Limman dan Yosia Sugialam ini. Nah, berikut ini langkah-langkah membuat akun di paper.id…

Membuat akun

Mulailah dengan membuat akun di paper.id atau login agar dapat mengakses layanannya. Lalu, Isi profil perusahaan secara lengkap dan detail. Jangan lupa isikan tambahan info lain jika diperlukan agar invoice berisi info yang bermanfaat dan terlihat profesional. Setelah itu, klik “Invoice” dari panel navigasi sebelah kiri, lalu pilih “Invoice Penjualan”.

Masuk laman penjualan

Dalam laman Invoice penjualan, klik tombol “Buat Invoice Baru” pada bagian kanan atas.

Lengkapi semua informasi

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah melengkapi semua informasi tentang lembar tagihan ini, dari nomor, tanggal invoice keluar serta jatuh temponya, info pelanggan, nama produk, hingga diskon dan PPN bila ada. Jangan lupa untuk melengkapi keterangan tertentu serta isi nama terang Anda di bagian bawah jika diperlukan.

Setelah Anda yakin informasi yang dimasukkan sudah benar, pilih tombol “Simpan Invoice”, kemudian klik “Simpan dan Konfirmasi”.

Invoice siap digunakan

Kemudian, Anda akan dibawa ke preview invoice siap kirim kepada klien. Jika ingin menyimpannya, silahkan klik tombol Unduh atau download. Anda bisa mneyimpannya dalam format PDF atau ingin langsung mengirimkannya secara manual kepada klien.

Lalu, klik “Kirim” invoice tagihannya ke email partner atau klien. Dokumen Invoice Anda langsung dikirim menuju email klien.

Untuk sistem penagihan, paper.id ini sangat detail dan mudah. Untuk layanan free dari paper.id maksimal bisa digunakan untuk 1 akun. Anda bisa menaksesnya dari smartphone Android ataupun iOS. Kemudian pembayaran bisa lewat transfer bank lho.

Namun, jika layanan free yang disediakan kurang memuaskan Anda. Maka, Anda dapat meng-upgrade-nya ke layanan Basic dengan fitur yang lebih lengkap seperti, manajemen stock, laporan keuangan yang lengkap, hingga penerimaan pembayaran melalui bank transfer, mobile wallet serta kartu kredit.

Itulah tadi langkah-langkah untuk membuat invoice gratis via paper.id yang sangat rekomended sekali untuk bisnis Anda. Selain gratis, paper.id juga sangat mudah penggunaannya sehingga akan menghemat waktu Anda.

Selamat mencoba! Dan semoga aplikasi paper.id ini bisa membuat layanan freelance Anda menjadi lebih profesional di mata klien!

About The Author