Cara menjaga kaca mobil agar tetap mengkilap

Merawat mobil tidak hanya pada bagian mesinnya saja, namun pada tampilan luar mobil juga harus di perhatikan. Salah satu bagian yang tidak kalah pentingnya adalah kaca. Perawatan pada kaca sangat berbeda dengan perawatan pada body. Karena kaca sangat mempengaruhi penampilan dan juga penglihatan pengemudi. Dengan begitu menjaga kaca mobil agar tetap bersih dan mengkilap wajib dilakukan oleh setiap pemilik mobil.

Tampilan mobil akan jadi lebih menarik jika semua kaca mobil terlihat jernih dan tanpa ada goresan. Dalam perawatan mobil ada yang bisa ditangani sendiri, namun juga ada yang harus ditangani oleh para ahli dalam perbaikan kaca mobil. Dan berikut aalah cara menjaga dan merawat kaca mobil:

lihat artikel terkait tentang Bengkel Mobil di Semarang

1.Menghindari goresan pada kaca film

Biasanya pemilik mobil akan memanfaatkan kaca film untuk melapisi bagian dalam kaca agar tidak tergores. Hal ini memang cukup efisien untuk menghindari kaca film terkene goresan, namun bukan berarti kaca film tidak bisa tergores. Kaca pada bagian dalam memang cukup rentan terhadap goresan benda lain. Jadi kalian harus berhati hati jika ingin memasukkan atau menaruh benda di dalam mobil agar tidak membuat goresan pada lapisan film.

2.Membersihkan kaca

Kaca yang basah karena terkena air hujan mampu menimbulkan jamur menempel pada kaca. Dan jangan lupa pada saat membersihkan kaca harus menggunakan kain/lap yang bersih dan kering. Lap yang bersih dan lembut akan mencegah adanya goresan pada kaca. Jika kalian membersihkannya menggunakan kain yang kasar, maka akan menimbulkan goresan2 pada kaca.

3.Jaga kebersihan kaca

Menjaga kebersihan kaca itu sangat penting. bagian kaca yang luas akan mudah sekali terkena kotoran, seperti debu yang menempel, air hujan, cipratan air hujan dari kendaraan lain dan kotoran-kotoran lainnya. Ketika mobil terkena kotoran segera untuk dibersihkan karena kotoran yang menempel terlalu lama akan sulit dibersihkan nantinya.

4.Keringkan kaca ketika basah

Kondisi kaca yang basah karena habis dicuci atau terkena air hujan akan mudah sekali terkena jamur jika tidak langsung dibersihkan. Jika kaca sudah terlanjur berjamur, maka gunakan cairan khusus untuk menghilangkan jamur pada kaca. Walau hasilnya memang memuaskan dan membuat kaca menjadi mengkilap, namun tidak boleh terlalu sering menggunakan cairan tersebut. karena mampu membuat kaca menjadi semakin menipis.

5.Periksa karet wiper

Goresan pada kaca juga bisa disebabkan oleh gerakan karet wiper, biasanya terjadi pada saat karet wiper ini mengeras. Sebaiknya kalian harus rutin untuk memeriksa karet wiper untuk menghindari mengerasnya karet. Cara untuk memeriksa karet mengeras atau tidak hanya dengan menggerakkan karet wiper untuk menguji kelenturannya. Jika sudah mengeras, segera ganti karet dengan yang baru. Biasanya karet wiper diganti setahun sekaliuntuk mencegah goresan permanen pada kaca.

About The Author