Jenis-Jenis Kurma: Beda Jenis Beda Rasa Beda Rupa

Kurma King Salman memang memiliki banyak sekali kandungan dan beragam khasiat. Tetapi perlu diketahui bahwa buah ini memiliki beberapa jenis layaknya buah lainnya. Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa kurma yang ada di dunia ini memiliki 1.400 jenis. Mana yang lebih enak? Semua tergantung selera lidah masing-masing.

Pilih yang Mana Tergantung Selera

Nah untuk Anda yang ingin mengkonsumsi buah ini sebagai pengobatan tradisional, berikut ini beberapa jenis yang biasa dijual di pasaran.

  1. Ajwa atau Kurma Nabi

Jenis pertama yang sangat diminati banyak orang dan terkenal sebagai jenis yang disenangi oleh Nabi Muhammad yaitu jenis Ajwa. Buah ini hanya bisa tumbuh di kota Madinah saja dan tidak akan bisa tumbuh di negara lainnya. Buah jenis ini memiliki warna hitam pekat, tekstur sangat lembut, tidak begitu manis dan citarasanya mirip seperti kismis. Jenis ini memang memiliki harga paling mahal dibandingkan yang lainnya.

  1. Sekki

Buah gurun jenis sekki ini memiliki dua warna pada satu buah. Di bagian atasnya memiliki warna kuning dan bawahnya memiliki warna kecoklat-coklatnya. Tekstur di kedua bagian itu juga berbeda. Untuk bagian yang berwarna kuning cenderung lebih keras dibandingkan dengan bagian bawahnya. Pada bagian yang berwarna coklat biasanya lebih kenyal dan juga empuk.

  1. Barhi

Nah, kalau jenis Barhi ini teksturnya seperti durian, legit. Untuk warna buahnya cenderung coklat kemerah-merahan. Ada sedikit rasa caramel dan untuk rasa manisnya sedang-sedang saja. Tidak terlalu manis tapi juga tidak terlalu tawar.

  1. Kholas

Jenis buah asli Timur Tengah ini memiliki warna coklat yang lebih terang dibanding yang lain dan cenderung keemas-emasan. Untuk teksturnya empuk dan ada cita rasa kopi karamelnya. Kadar kemanisannya juga termasuk dalam kategori sedang.

  1. Khidri

Untuk jenis khidri ini warnanya merah maroon lebih gelap. Teksturnya juga lebih kering dan lebih kenyal dibanding yang lain. Untuk rasa juga tidak terlalu manis tetapi tidak juga tawar.

Nah, itu dia beberapa jenis kurma yang bisa Anda pilih saat membeli.

 

About The Author