Komponen Penting Pada Mesin Genset dan Fungsinya

Komponen Penting Pada Mesin Genset – Genset berfungsi sebagai pembangkit listrik cadangan ketika mengalami pemadaman atau mati listrik. Walau begitu genset memiliki batas waktu pemakaian (bisa karena ketebatasan bahan bakar maupun faktor lain).

Biasanya mesin generator set sering dipersiapkan sebagai tempat umum seperti mall, sekolah hingga hotel di Indonesia. Hal ini mengingat kondisi listrik yang konstan atau belum tersedia. Kini Anda bisa dengan mudah menemukan tempat yang jual genset Manado yang tentunya menawarkan genset dalam berbagai jenis dan untuk berbagai kondisi.

Komponen Mesin Genset dan Fungsinya

Komponen dan fungsi mesin genset tersebut antara lain:

  1. Engine Atau Mesin

Engine atau disebut mesin utama merupakan bagian penting dari generator. Mesin inilah yang punya peran di dalam menggerakan generator. Kapasitor mesin genset ini ditentukan oleh bagian mesin utama.

  1. Alternator

Alternator yaitu bagian yang nantinya menghasilkan energi listrik. Energi listrik tersebut kemudian dialirkan keluar sebagai listrik output. Energi listrik tersebut dihasilkan oleh konversi energi mekanik mesin utama dan perputaran mekanis alternator.

  1. Valve Sistem/Regulator Bahan Bakar

Bagian ini disebut pula sebagai sistem bahan bakar. Valve ini sangat penting dalam mengatur jumlah intake solar maupun gas. Tanpa ada bagian ini, bagian lain tidak mampu berfungsi untukĀ  menghasilkan energi.

  1. Auto Voltage Regulator (AVR ) atau

Kerap pula disebut pengatur tegangan automatis. Bagian ini berfungsi sebagai pengatur tegangan.

  1. Speed Control Unit

Bagian ini merupakan unit sentral pengatur kecepatan putaran mesin yang bekerja melalui exciter.

  1. Sistem Pendingin dan Knalpot

Sistem ini memiliki fungsi untuk mengatur suhu mesin dan gas buang sebuah genset.

  1. Starter

Bagian ini memiliki fungsi untuk menggerakan mesin genset ketika awal dihidupkan.

  1. Sistem pelumasan

Bagian ini adalah yang sangat penting di dalam menjaga keutuhan sebuah mesin yang terus menerus bekerja. Sistem pelumasan berfungsi untuk mengatur pergerakan mekanis di setiap bagian generator agar tidak mudah aus.

  1. Pengisi baterai

Bagian ini memiliki fungsi untuk mengisi kembali baterai agar bisa dipergunakan kembali untuk menghidupkan mesin.

  1. Panel kendali

Panel kendali memiliki fungsi untuk mengatur berbagai variable yang telah diatur dalam bagian AVR, Gavernor ataupun speed control dan valve secara elektronis.

  1. Rangka Utama Dan Casing

Berfungsi sebagai pelindung dan meminimalkan emisi suara.

Beberapa komponen di atas memiliki spesifikasi tersendiri dari setiap komponen yang banyak digunakan untuk generator set. Secara menyeluruh, baik genset jenis A ataupun B bahkan genset merk apapun. Mungkin hanya memiliki perbedaan pada satu atau dua komponen saja.

About The Author