Begini Cara Mengetahui Masa Subur Setelah Menstruasi Agar Cepat Hamil

Sangat penting mengetahui masa subur setelah menstruasi agar cepat hamil, dan karena itu artikel memberikan penjelasan cara menghitung masa subur.

Ovulasi adalah sebuah proses di mana sel telur (ovum) dilepaskan ke tuba fallopi oleh ovarium untuk dibuahi oleh sperma.

Semenjak terjadinya ovulasi, ovum hanya hidup maksimal 24 jam… ketika tidak dibuahi dalam waktu tersebut, ovum ini mati sehingga kehamilan tidak terjadi.

Inilah yang menyebabkan kenapa banyak pasangan suami istri belum bisa punya anak, sebab mungkin saja mereka berhubungan tidak diwaktu yang tepat… maksudnya mereka melakukan hubungan intim padahal sel telur nya sudah mati.

Supaya ini tidak terjadi maka bunda harus tahu mengenai masa subur wanita setelah haid berapa hari, sebab disaat inilah ovulasi itu terjadi.

Nah berikut cara mengetahui masa subur agar hubungan intim yang dilakukan bisa membuat bunda hamil.

Menstruasi teratur 28 hari

Siklus haid semacam ini sangat mudah menentukan masa subur nya, yaitu tambahkan dengan 14 tanggal hari pertama haid terakhir, dan ketemulah puncak masa subur.

Misal bulan ini bunda mulai haid tanggal 12, maka puncak masa subur nya adalah: 12 + 14 = 26.

Kemudian tambahkan dan kurangi dengan 3, maka ini disebut masa subur biasa.

26 – 3 = 23; dan 26 + 3 = 29.

Berdasarkan perhitungan ini maka masa subur bunda adalah dari tanggal 23 s/d tanggal 29 dengan puncak masa subur terjadi pada tanggal 26.

Artinya, silahkan lakukan pada tanggal-tanggal tersebut, yaitu dari tanggal 23 sampai tanggal 29.

Menstruasi tidak teratur

Untuk menstruasi tidak teratur maka dibutuhkan data siklus haid selama 6 bulan berturut-turut, itulah alasan kenapa setiap bulannya selalu disarankan untuk mencatat tanggal pertama mulai haid agar bisa cepat hamil.

Jadi misalkan bulan lalu bunda mulai haid tanggal 9, terus bulan ini haid tanggal 10, maka itu artinya siklus menstruasi bunda 31 atau 32 hari.

Sekarang kita anggap saja bunda punya siklus menstruasi seperti ini (6 bulan berturut-turut): 27, 30, 26, 28, 29 dan 31, dan bulan ini mulai haid pada tanggal 6, maka:

Hari Pertama Masa Subur = siklus menstruasi terpendek – 18 = 26 – 18 = 8

Hari Terakhir Masa Subur = Siklus menstruasi terpanjang – 11 = 31 – 11 = 20.

Sekarang tinggal hitung kedepan 8 hari sampai 20 hari dari tanggal 6, maka itulah masa subur bunda.

Dalam contoh ini, maka bunda dalam keadaan subur pada tanggal 14 (6 + 8) sampai tanggal 26 (6 + 20).

Seperti itulah perhitungan masa subur setelah menstruasi agar cepat hamil, silahkan dipahami agar hubungan intim jadi efektif.

Kalau bunda ingin dapatkan info lengkap mengenai kehamilan, silahkan baca panduan cepat hamil di artikel ini supaya bisa cepat punya anak.

About The Author