Menikmati Senja di Pulau Kelapa

Menikmati Senja di Pulau Kelapa – Agenda kami belum berakhir karena ada Pulau Kelapa cantik yang jadi sasaran untuk melipir ke situ. Pulau seluas 6 hektar ini terolong mungil dan bercokol persis di tengah teluk. Sekitar 3 kilometer dari bibir teluk atau sekitar lima belas menit berperahu. Maka tak heran jika saat akhir pekan, tempat ini ramai pelancong. Banyak pula berkemah di situ. Kabarnya, kecantikan Pulau Kiluan ini menjadi banyak incaran pemodal asing. Pak Chairul malah bilang beberapa investor berhasrat menjadikan pulau pribadi. Pulau ini memukau. Dia menawarkan suasana asri dengan menyuguhkan pantai indah berpasir putih terhampar di separuh bibir pulau. Di sinilah tempatnya snorkeling. Di sisi utara yang banyak dihuni biota laut karena merupakan pertemuan dua arus.

Bagi yang suka berenang lebih memilih sisi timur yang berpasir putih dan berair tenang. Sementara pehobi fotografi, umumnya menyukai sisi barat dan selatan yang menghadap laut lepas. Dari titik ini pemandangan matahari terbenam begitu elok. Setelah puas berenang dan snorkeling saya pun mengayunkan langkah untuk menutup sore di titik ini. Jejeran bebatuan karang tersaji indah di antara pasir. Begitu fotogenik. Saya kemudian duduk di atas sebuah bongkahan batu lalu menatap langit menikmati senja. Surya terlihat seperti bola raksasa perlahan menuju peraduannya. Semburat senja mengelir laut menjadi berkilau keemasan. Saya memandangnya dari kejauhan penuh kekaguman. Pamungkas hari yang memukau di Teluk Kiluan. So much fun here.

Warga yang tinggal di pulau Kelapa hidupnya sangat sederhana, mata pencaharian mereka hanya sebagai nelayan saja. Di pulau ini tidak ada rumah yang tampak mewah, semuanya bentuk rumahnya sederhana. Namun di pulau ini ada sebuah warung yang menjual kebutuhan makanan pokok, sehingga warga setempat tidak kesulitan untuk membeli keperluan makan dan masak sehari-hari.

Jaringan listrik disini sudah tersedia dan berasal dari PLN. Akan tetapi berdasarkan cerita warga listrik disini sering sekali padam dengan alasan tidak tidak jelas. Hal ini tentu sangat menganggu aktifitas di siang hari dan menganggu waktu santai di malam hari. Bagi warga yang mempunyai uang lebih, mereka menggunakan genset jika listrik padam, namun untuk warga yang pas-pasan mereka hanya bisa pasrah. Genset di jaman sekarang ini memiliki perang yang sangat penting untuk kehidupan kita lantaran mesin ini mampu memberikan energi listrik untuk kebutuhan apapun.

Masih banyak di wilayah Indonesia yang sering terkena pemadaman listrik, hal inilah yang mendorong seseorang untuk membuka usaha jual genset yanmar dan merek lainya. Tidak hanya digunakan pada sektor rumah tangga saja, akan tetapi sektor lain seperti pabrik, ruko, mini market dan pom bensin sangat membutuhkan keberadaan genset.

About The Author