Mengenal Macam Metode Sterilisasi Yang Digunakan Di Berbagai Bidang

Sterilisasi adalah proses atau kegiatan yang membebaskan suatu bahan dari semua bentuk kehidupan. Sterilisasi sangat diperlukan baik alat-alat yang dipakai maupun media. Suatu alat dikatakan steril apabila bahan dan alat tersebut bebas dari mikroba ataupun dalam benruk vegetative maupun sopra.

Sterilisas menggunakan autoklaf juga bisa menghasilkan cara yang lebih maksimal, yaitu dengan alat serupa tangki uap yang berisi minyak. Medium yang akan disterikan ditempatkan di dalam autoklaf selama kurang lebih 15 menit.

Hal tersebut tergantung pada banyak sedikitnya barang yang akan disterilkan. Alat-alat yang dipergunakan dalam inokulasi ini tidak semua bisa steril, sebab kita tidak mungkin memperoleh piaran bakteri yang di inginkan.

Berikut cara untuk mensterilkan alat laboraturium terbagi menjadi 3 cara yaitu secara mekanik fisik san kimiawi :

1. Sterilisasi secara mekanik (filtrasi)

Sterilisasi ini menggunakan alat yang berupa saringan yang berpori sangat kecil (0,22 mikron atau 0,45 mikrob) oleh karena itu mikro akan tertahan oleh saringan tersebut. Sterilisasi ini ditunjukan untuk bahan yang peka terhadap panasa saja, misalnya laruran enzim dan antibiotic.

2. Sterilisasi secara fisik

Sterilisasi menggunakan metode ini dilakukan dengan 2 cara yaitu, pemanasan dan penyinaran dengan ultra violet

# Pemanasan

  • Pamijaran (dengan api langsung) – Metode ini dengan cara membakar alat pada api secara langsung. Contohnya : jarum inokulum, pinset, batang L, dan lain-lain.
  • Panas kering – Metode ini menggunakan oven yang kira-kira memiliki 60-180°C. Contohnya yaitu: Erlenmeyer, tabung reaksi atau alat-alat yang terbuat dari kaca lainnya.
  • Uap air panas – Metode ini dengan cara mengukus. Bahan yang mengandung air lebih tepatnya menggunakan metode ini supaya tidak terjadi dehidrasi.

# Penyinaran dengan meggunakan ultraviolet

metode dengan mengguanakan ultraviolet digunakan untuk membunuh mikroba yang menempel pada permukaan interior safety cabinet dengan sinar lampu UV.

3. Sterilisasi secara kimiawi

Sterilisasi dengan menggunakan metode ini biasanya dengan senyawa desinifektran yang brupa alkohol. Pada proses sterilisasi kering suhu yang digunakan lebih tinggi kira-kira 150° . sterilisasi kering serung digunakan untuk mensterilkan alat-alat dari gelas (gelas kimia, gelas ukur, pipet ukur dan lain sebagainya). Alat yang sering digunakan adalah oven.

Informasi untuk anda yang sedang membutuhkan alat – alat sterilisasi, khususnya untuk medis. Anda bisa temukan produk Autoclave murah di toko kami dengan alamat www.jualautoclave.com. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

About The Author