Penjelasan Mengenai Fungsi Scanner

Fungsi scanner – Scanner komputer atau yang sering kita sebut dengan alat pemindai yaitu suatu perangkat yang dipakai untuk memindai (memindahkan) teks dokumen, foto, suatu benda dan lain-lain. Hasil pemindaian itu akan ditampung ke dalam memory komputer sebagai data digital.

Fungsi Scanner Pada Komputer

Fungsi Scanner yakni suatu alat yang berkerja dengan memindahkan sebuah atau sebagian objek yang terdapat di atas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer. Jadi apabila diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan 100% ke dalam komputer kita.

Ada beberapa macam koneksi ke komputer dari scanner yang paling sering digunakan, berikut diantaranya:

  • koneksi pararel yakni koneksi cara lama, karena komputer yang cara lama koneksinya masih pararel port.
  • koneksi usb versi 1 yakni koneksi setelah pararel port, koneksi usb 1 ini lebih kencang dari koneksi parerel port sehingga kecepatan untuk memindai selembar kertas dapat lebih cepat.
  • koneksi usb versi 2 pasti kecepatannya lebih kencang dari usb versi 1 dan pararel, koneksi usb versi 2 ini mulai populer karena notebook atau komputer saat ini sudah banyak yang tak menunjang koneksi pararel port lagi.

Beberapa model scanner :

1. Scanner Flatbed 

cara kerja scanner model flatbed, kertas atau objek diletakkan di atas kaca scanner, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak lewat kertas atau objek tersebut untuk mendapat gambarnya.

Keunggulan menggunakan scanner flatbed yakni:
– objek kecuali kertas pun (suatu benda) dapat di letakkan di atas kaca scanner, umpamanya handphone, jam tangan, dsb.

2. Automatic Document Feeder (ADF)

Dengan menggunakan scanner model Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk mendapat gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.

Keunggulan menggunakan Automatic Document Feeder (ADF) yakni:
– kecepatannya tinggi, dapat menempuh > 10.000 lembar per jam
-dapat membaca dua sisi kertas sekalian pada saat yang berbarengan

Seiring perkembangan jaman, scanner tidak lagi berfungsi sebagai alat pemindai. Sekarang sudah hadir scanner multi function (all in one) yang yakni seperangkat scanner yang di dalam sudah terdapat fungsi printer, copy dan fax.

Jadi fungsi scanner sudah lebih komplit lagi, karena dengan memiliki sebuah scanner multi function kita sudah dapat memotret copy suatu dokumen bagus dalam model hitam putih dan berwarna (apabila dokumen aslinya memang berwarna). Scanner all in one ini juga dapat sebagai printer dan alat fax.

Sumber : kamerakamera.net

About The Author