Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak Agar Menjadi Generasi Maju

Anak adalah harapan bangsa, sehingga kita sebagai orang tua harus mendidik serta membesarkan anak-anak menjadi generasi maju, generasi yang lebih baik yang akan bisa berbuat lebih banyak lagi untuk melakukan perubahan bangsa ini menuju masa depan yang lebih cerah. Untuk menghadapi anak yang malas sarapan, tentunya terkadang akan membuat para orangtua menjadi jengkel dan marah. Tentunya sarapan merupakan hal terpenting yang tidak boleh untuk dilewatkan, khususnya bagi anak-anak. Dengan sarapan pagi memiliki banyak manfaat yang bisa si kecil peroleh, salah satunya adalah dapat membuat tubuh anak lebih berenergi di pagi hari dan dapat meningkatkan konsentrasi anak saat sekolah. Selain itu juga, bagi anak yang malas dengan sarapan pagi akan menyebabkan cepat lapar karena tidak memiliki cadangan energi. Dan akibatnya, anak akan tidak fokus belajar di kelas dan akan berdampak buruk pada prestasinya. Dengan begitu, para orangtua harus pintar-pintar untuk membujuknya supaya anak dapat sarapan pagi. Untuk lebih lanjutnya, pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips untuk membujuk anak yang malas sarapan pagi :

  1. Sajikan Menu Sarapan Yang Menarik

Anda bisa melakukan cara yang satu ini, dengan cara yang satu ini tentunya si kecil akan tertarik untuk melakukannya. Yah, anda bisa menyajikan menu sarapan yang menarik supaya anak mau sarapan. Dan berikan makanan kesukaan anak anda, entah itu telur ceplok atau dadar, ayam goreng, sayur bayam dan lain-lainnya. Sehingga, anda bisa mengkreasikan makanannya dengan bentuk nasi menjadi bola-bola atau kepala boneka, telur dadar sebagai selimut, dan sayur brokoli sebagai rambutnya. Selain itu juga, berikanlah menu sarapan yang berbeda-beda setiap harinya agar anak tidak cepat bosan.

  1. Jangan Dipaksa

Meskipun anak tidak mau sarapan, orangtua jangan pernah sekali-kali untuk memaksanya makan jika memang anak tidak mau makan. Buatlah anak anda merasa nyaman saat sarapan, jika dipaksa untuk sarapan maka anak akan stres dan akan tambah malas untuk makan. Hal yang terpenting adalah pastikan anak anda merasa nyaman saat sarapan, misalnya dengan menemani anak untuk menghabiskan sarapannya, menyiapkan menu sarapan yang menarik  dan sebagainya. Tentunya, semakin anak merasa nyaman maka lambat laun si kecil akan terbiasa untuk sarapan dengan keinginannya sendiri.

  1. Berikan Contoh Yang Baik

Apakah selama ini anda sudah rajin sarapan setiap hari? Kalau belum, maka jang heran kalau anak anda malas untuk sarapan juga sama seperti anda. Selain itu juga, perlu dicatat bahwa anak adalah peniru yang akan mengikuti perilaku orang tuanya. Sehingga  jika anda ingin si kecil rajin sarapan, maka anda pun juga tidak boleh untuk melewatkan sarapan setiap pagi. Hal ini diungkap oleh dr. Raissa E. Djuanda, M. Gizi Sp. Gk, selaku dokter spesialis gizi klinik yang mengatakan bahwa “Orangtua harus kasih contoh. Kalau anaknya saja yang dipaksa, anak akan berpikir, kok, saya (anak) sendiri yang makan tapi orangtua saya tidak. Jadi peran orangtua juga sangat penting” ungkap dr. Raissa. Dengan begitu, anda harus menikmati sarapan bersama si kecil setiap hari. Dan ketika anak melihat anda sarapan, maka ia juga akan belajar dan paham bahwa sarapan itu penting bagi kesehatan, Tanpa disadari,  hal ini juga bisa mempererat hubungan antara orangtua dan anak.

Itulah beberapa tips untuk membujuk anak malas untuk sarapan pagi. Dengan membiasakan anak untuk melakukan sarapan setiap hari, anak dapat mengawali hari dengan semangat, penuh energi, dan akhirnya dapat berprestasi di sekolah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semuanya, terimakasih.

About The Author