Tips Merawat Alat Kesehatan Agar Awet & Bertahan Lama

Ketika kita memiliki satu alat atau barang elektronik, apabila tidak kita jaga dan rawat pastinya akan cepat rusak. Hal ini secara umum karena barang – barang elektronik memiliki perbedaan dengan barang non elekteronik. Hal ini berlaku juga pada alat – alat Elekteromedik. Yaitu alat – alat kesehatan yang menggunakan tenaga listrik. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa jadi referensi anda untuk menjaga dan merawata alat – alat kesehatan khususnya alat elektromedik agar awet dan tahan lama.

Tips Merawat Alat – Alat Elekteromedik

1. Pastikan Menyimpan Alat Di Ruang Yang Sejuk

Perangkat elektronik cukup rentan terhadap kondisi suhu lingkungan. Oleh sebab itu, disarankan untuk alat – alat medis yang bersifat elektronik disimpan di dalam ruangan yang sejuk. Gunakan pendingin ruangan dan hindarkan dari sinar matahari langsung, tempat yang lembab dan debu. Berikan ruangan khusus agar alat – alat tidak mudah using dan rusak.

2. Maintenance Setiap Bulan

Lakukan maintenance setiap bulan secara teratur. Untuk lebih memudahkan anda ada baiknya anda memiliki seorang teknisi elektromedik yang mengerti kondisi alat dan tau bagaimana cara maintenance alat dengan sebaik – baiknya.

3. Kalibrasi Setiap Tahun

Pada beberapa alat, khususnya yang berfungi sebagai alat ukur dibutuhkan kalibrasi agar keakuratan tetap terjaga. Hal ini biasanya dilakukan setiap tahun. Untuk alat – alat kesehatan dilakukan oleh tenaga ahli khusus yang menanganinya.

4. Cek Baterai

Terkadang ada juga peralatan Elektromedik yang menggunakan baterai kering atau baterai charger. Dan terkadang baterai tersebut hanya dapat dipakai hingga dua tahun. Setelah itu sudah berkurang masanya. Seperti alat defibrillator. Harga baterai aed cukup mahal, dan biasanya perlu inden. Jadi apabila terjadi kerusakan tidak bisa kita beli dengan cepat, padahal alat ini cukup mendesak kebutuhannya.

5. Simpan Kembali Setelah Digunakan

Setelah anda menggunakannya, usahakan langsung menyimpannya kembali. Namun untuk alat – alat tertentu jangan disimpan sebelum anda membersihkannya.

Nah, itulah beberapa tips yang mudah – mudahan dapat bermanfaat untuk anda. Khususnya anda yang bertugas di rumah sakit atau klinik dimana terdapat banyak sekali alat – alat Elektromedik. Dengan perawatan yang benar, anda bisa menghemat anggaran untuk perbaikan atau pengadaan alat. Sekian, semoga bermanfaat !

About The Author